top of page

LATAR KATA

Proses penyusunan naskah dan ilustrasi buku Antologi Cerita Rakyat Pasisi: Sibolga Tapanuli Tengah, terdapat banyak informasi dan menyimpan segudang pertanyaan penting tentang makna, latar sejarah, latar budaya, latar geografis, dan lainnya sebagai bentuk apresiasi dan interpretasi cerita. Untuk itu program Latar Kata yang disiarkan secara online melalui kanal youtube tutur.runduk, akan mengulas masing-masing cerita dengan menarik dan seru bersama dengan narasumber.

yetehe_edited.jpg
WhatsApp Image 2024-03-28 at 8.07_edited.jpg
Slide1.JPG

21 Maret 2024

Putri Runduk menghindari pinangan dari tiga orang raja yang sangat berkuasa kala itu. Hal ini mengindikasikan bahwa Barus menghadapi ekspansi kerajaan di Nusantara, Afrika, maupun Tiongkok.

Slide3.JPG

27 Maret 2024

Pinangan pangeran Kerajaan Situngkus ternyata tidak disambut baik oleh Kerajaan Bukit Batara, bahkan syarat yang diberikan terkesan meremehkan mereka. Inilah sebab misteri dari Bukit Batara.

Slide5.JPG

03 April 2024

Kerajaan Lopian yang telah hancur disapu oleh ombak besar, membuat Putri Lopian hidup sebatang kara. Tetapi kisah hidup membuatnya menjadi Ratu Kerajaan Badiri. Namun, ombak merindukannya.

Slide7.JPG

11 April 2024

Raja Pandan Lawik menjadi kecewa ketika mendengar perkataan Burung Dendang Buto. Anaknya, Pancodik, seorang wanita remaja terpaksa mengorbankan dirinya untuk menunjukkan kasih sayangnya. 

Slide10.JPG

17 April 2024

Gadang Sarawa, Gadang Hantak, dan Gadang Burakka masing-masing melakukan hal yang mereka yakin tepat untuk menyelamatkan mata air yang kering. Teriakan "Ai Abi" menjadi pertanda harapan.

Slide2.JPG

24 Maret 2024

Kisah cinta Siti Rubiah dan Khulifah Alwi berakhir sangat menyedihkan. Motif konflik karena marga mereka yang sama menjadi tanda tanya. Apakah ada alasan lain terkait latar siapa Alwi?

Slide4.JPG

30 Maret 2024

Burung Garuda berkepala tujuh yang meluluh-lantakkan Kerajaan Lobu Tuo berhasil dikalahkan. Namun, Putri Andam Dewi ingkar terhadap kesepakatan dengan Sutan Gambang.

Slide6.JPG

07 April 2024

Kilauan cahaya dari kejauhan membuat saudagar Bugis mencarinya dan ternyata itu berupa paku yang bercahaya. Uang yang dihabiskan untuk membeli paku itu sirna karena lalai terkesima.

Slide8.JPG

14 April 2024

Kesombongan Rajo Herek dihadapan Si Boga berbuah kesengsaraan. Dengan kecerdikan Si Boga, Rajo Herek pun kalah dengan pertarungan mereka untuk bertahan di habitat lawan.

Slide9.JPG

SELENDANG MANDUARO

20 April 2024

Selendang yang diwariskan oleh sang ibu kepada Putri Runduk menjadi tradisi terhadap perjalanan hidup seorang anak perempuan mulai dari lahir hingga ajal. Kisah ini sangat haru dan mengenang.

Segera

Terdapat 10 episode yang akan membahas masing-masing cerita raykat di dalam buku Antologi Cerita Rakyat Pasisi: Sibolga Tapanuli Tengah.

Ikuti setiap diskusinya!

EPISODE PROGRAM

Didukung Oleh:

Warung Etek Bungsu.png
LOGO-KIBA 2023.png
sc_Wonderful Indonesia Logo.png
bottom of page