top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

BANK INDONESIA KPW SIBOLGA BERSINERGI DAN MENDUKUNG FKK SIBOLGA TAPTENG

16 November 2022


Sejak penyelenggaraan Sibolga Creative Expo 2021 dimana Bank Indonesia KPw Sibolga sebagai salah satu sponsor dan pendukung, beberapa kebutuhan untuk mendukung program yang sedang dilaksanakan oleh instansi pemerintah ini diisi oleh FKK Sibolga Tapteng sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Pada 2021, program tersebut antara lain, Sosialisasi dan Launching QRIS di Kota Sibolga dan Kabupaten Samosir, Seremoni Panen Raya di Desa Binaan BI KPw Sibolga, dan Dokumentasi Penerapan Sistem Kerja Bank Indonesia. Seluruh program tersebut, membutuhkan tim dokumentasi dan konten kreator dengan hasil yang menarik untuk dipublikasikan melalui media elektronik yang dikelola oleh BI KPw Sibolga.

Salah satu alasan pelibatan FKK Sibolga Tapteng dalam program tersebut adalah memberikan kesempatan kepada pemuda lokal dan kualitas produk yang mempuni dan layak untuk dipublikasikan secara nasional. Salah satu produk dokumentasi tersebut dapat dilihat di instagram @bank_indonesia_sibolga, yaitu saat dokumentasi Sosialisasi dan Launching QRIS di Sibolga. Cek tautan berikut ini.


FKK Sibolga Tapteng sangat mengapresiasi upaya inovatif yang diterapkan dalam penggunaan alat bayar non-tunai berwujud QRIS ini. Karena dapat meningkatkan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi dimana perkembangan teknologi informasi telah menciptakan budaya baru, yaitu menggunakan dompet digital. Selain itu, merchant juga mendapat kemudahan untuk mengelola keuangan usahanya.


Kepercayaan tersebut dilanjutkan pada 2022, kemitraan kali ini FKK Sibolga Tapteng dilibatkan dalam penyelenggaraan event besar dari BI KPw Sibolga, yaitu sebuah acara eksebisi dan pamerah Gerakan Bangga Buatan Indonesia - UMKM Level Up. Peran yang diberikan adalah menunjukkan keterampilan dan keahlian talent-talent yang dimiliki. Runduk Artstudio: Dance & Music binaan FKK Sibolga-Tapteng menampilkan Tari Persembahan dipembukaan acara untuk menghormati tuan rumah dan menyambut tamu kehormatan yang pada kesempatan ini dihadiri oleh Bapak Sekda Kota Sibolga bersama Ibu Farida Jamal Pohan-Ibu Walikota Sibolga selaku ketua TP PKK Kota Sibolga, Pimpinan DPRD dan unsur Forkopimda lainnya. Kemudian acara diselingi penampilan akustik yang menghibur para hadirin dengan tembang pilihan yang memanjakan.


Disela pelaksanaan tugas dalam mengisi acara, kami juga ikut mencoba menjajal tenant yang disiapkan dalam venue mewah Yenni Sopo Holong ini, tentunya dengan segala promo menarik yang ditawarkan: Rp. 1,- untuk makanan dan minuman dengan menggunakan pembayaran lewat scan QRIS sebagai kampanye pembayaran digital yang penuh keuntungan. Benefit bagi para pengusaha yang ikut serta dalam program ini pun sangat banyak dengan Sertifikasi Halal, Panduan On Boarding dan Konektifitas Perbankan yang ditawarkan.

Tidak kelewatan juga, untuk mengikuti Talkshow yang sangat inspiratif dengan topik “Bisnis Makin Cuan Dengan Digitalisasi UMKM dan Sistem Pembayaran”. Dengan Narasumber yang keren Muhammad Fadhil (Pimpinan Bank Sumut Sibolga), M. Fajar Andrianto (Analisis Fungsi Pengembangan UMKM dan Keuangan Syariah-BI Sibolga), Riki Wijayadi (Owner Lopo Mandheling Coffee) dan Ayu Soraya (Owner Matahari Café) dipandu Moderator kece, Kathy Natasya.


Kehadiran FKK Sibolga Tapteng pada acara ini juga menjadi balasan atas dukungan BI KPw Sibolga pada acara Pagelaran Seni Budaya 2022 - Sabursa, yang diselenggarakan pada Februari - Maret 2022.


Akhir tahun 2022, FKK Sibolga Tapteng kembali dipanggil untuk mendukung acara penyambutan Deputi Bank Indonesia, Bapak Juda Agung dan Istri, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sibolga menggelar malam ramah tamah yang menampikan beragam sajian seni budaya dan musik. FKK Sibolga Tapteng, berkesempatan memberikan konstribusi dalam melatih talenta muda yang merupakan anak dari para karyawan untuk menampilkan tari tor-tor kreasi dari lagu 'Anakkon Hi Do Hamoraon Di Ahu' sebagai pembuka acara.

10 anak yang berusia 8 hingga 13 tahun tersebut dilatih selama 3 pekan dalam 6 kali pertemuan yang bermaterikan gerak dasar, gerak pengembangan, olah rasa, raga dan karsa serta sikap mental untuk menunjukkan kreasi dihadapan publik. Penampilan Tari Tor-Tor kreasi tersebut mendapatkan apresiasi luar biasa dari Bapak Juda Agung dan Istri yang menyatakan bahwa sajian tari ini sangat menggemaskan dan mengagumkan. Jiwa kreatifitas di Kantor Bank Indonesia sudah mengiklim dan menular hingga tiap generasi.


Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan dan apresiasi dari Bank Indonesia KPw Sibolga yang selalu hadir dalam memberikan supportnya terhadap event yang digagas FKK Sibolga Tapteng dengan segala ide untuk memajukan kreatifitas anak muda, sekaligus kemitraan yang sudah dijalin. Hal ini diharapkan untuk membangun ekosistem kreatif dan pemberdayaan insan kreatif demi Kota Sibolga-Tapteng yang berkemajuan sebagaimana cita-cita bersama.


(IAS)




23 views0 comments

Comments


bottom of page