top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

KESERUAN LOMBA CERDAS CERMAT KEBUDAYAAN

Updated: Aug 29, 2021

12 Agustus 2021


Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan merupakan salah satu Pra-Acara dari Sibolga Creative Expo 2021, sekaligus menyemarakkan HUT RI Ke-76. Acara yang mengangkat tema tentang industri kreatif ini diharapkan juga dapat menyasar para pelajar sekolah menengah, sehingga memiliki wawasan dan tertarik untuk terlibat. Topik kebudayaan ini dipilih untuk menekankan bahwa industri kreatif harus berkembang berbasis kebudayaan Pesisir Sibolga. Penyampaian nilai ini melalui kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan diyakini menarik bagi kalangan pelajar, tentunya akan dilaksanakan secara online.

Acara ini berlangsung pada Kamis, 12 Agustus 2021 yang dimulai pada pukul 10.00 WIB secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan kahoot.it. Terdapat 22 kelompok peserta yang terdiri dari sekolah menengah pertama dan sederajat dari Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Pada awal pembukaan acara, sambutan dan apresiasi dari Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, Ibu Masnot, yang menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi di masa pandemi untuk meningkatkan wawasan kebudayaan para siswa dan hal-hal seperti ini bagus untuk dikembangkan ke depannya.


Turut dihadiri pula oleh budayawan Pesisir Sibolga, Bapak Nurdin Ahmad dan Bapak Syafriwal Marbun. Beliau mengapresiasi acara bertajuk kebudayaan seperti ini karena akan meningkatkan kepedulian kita untuk mengenal dan melestarikan budaya Sibolga. Soal-soal cerdas cermat tentang Adat Sumando dan sejarah-sejarah berdirinya Sibolga sangat menarik dan menantang bagi para siswa. Buku yang berjudul Pokok-Pokok Pikir Kebudayaan Kota Sibolga yang ditulis oleh kedua budayawan tersebut menjadi dasar pembuatan soal-soal.


Terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, yang mana babak final ini akan menyisakan 6 kelompok teratas pada babak penyisihan. Keseruan acara dipandu oleh dua host, Ogek Preddi Sibagariang dan Uning Nurul Raihan benar-benar menyegarkan sekaligus mendebarkan para peserta.



Setelah menempuh 50 soal di babak penyisihan dan 15 soal di babak final, akhirnya lomba ini dimenangkan oleh Kelompok 1 dari SMPN 1 Pandan, berturut-turut untuk juara 2 dan 3 oleh Kelompok 3 dari SMPN 1 Pandan dan Kelompok 1 dari SMPN 5 Sibolga. Para pemenang mendapatkan hadiah sebagaimana yang tertera pada informasi dari panitia. Juga seorang siswi mendapatkan hadiah dari soal doorprize persembahan Bapak Nurdin Ahmad. Bagi semua siswa yang menjadi peserta, sertifikat akan diberikan oleh panitia penyelenggara. "Kalian semua pemenang, karena turut serta melestarikan budaya Sibolga" sambut Ketua Panitia Sibolga Creative Expo 2021, Yogi Azhari Nasution.


Saksikan keseruan acara ini di kanal youtube tutur.runduk. Tentunya ikuti rangkaian kegiatan Sibolga Creative Expo 2021 lainnya.



Telah diserahkan pula hadiah bagi para pemenang di Gedung Terminal Pelindo I Sibolga pada 24 Agustus 2021. Penyerahan hadiah dihadiri secara langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, Bapak Subhan mewakili GM Pelindo I Sibolga, Bapak Nurdin Ahmad, para kepala sekolah, guru pembimbing, dan para siswa kelompok juara. Acara berlangsung dengan menggunakan protokol kesehatan namun tetap seru dan penuh keceriaan.

Selamat bagi para pemenang dan terima kasih banyak kepada para pihak-pihak yang telah mendukung acara ini terselenggara dengan baik.

Salam sehat dari kami.

FKK Sibolga Tapteng

Sibolga Creative Expo 2021




126 views0 comments
bottom of page