top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

LEGASI PRESISI: SEBUAH KARYA KOLABORATIF UNTUK HARI BHAYANGKARA KE-77

03 Juli 2023


Film pendek berjudul ‘Legasi Presisi’ menjadi karya yang mendapatkan panggung apresiasi pada momen HUT Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023. Para sineas mulai dari pemeran, tim produksi dan kru diberikan piagam penghargaan secara langsung oleh Bapak Taryono Raharja selaku Kapolres Sibolga dan diapresiasi oleh seluruh unsur Kepolisian dan Muspida Kota Sibolga.


Film ini digagas dalam rangka menyemarakkan ulang tahun Kepolisian Repuplik Indonesia dan menjadi bentuk partisipasi dan unjuk kreatifitas dari para anak muda insan seniman Kota Sibolga. Ide cerita dari film pendek ini adalah tentang sisi humanis seorang polisi yang memiliki peran ganda sebagai pengayom, pelayan dan pelindung bagi warga dan keluarga.

Keteladanan yang dicontohkan sang ayah kepada anaknya menjadi sumber inspirasi, sarat nilai kebaikan dan moralitas sehingga bisa menjadi bekal hidup kita dalam meraih cita-cita. Legasi Presisi berarti warisan ideal. Warisan ideal bagi generasi penerus adalah nasehat bijaksana, tekad dan ketekunan serta jiwa pantang menyerah!


Bersama rekan kolaboratif yaitu Tim Polres Sibolga, Nauli TV, Selaras dan Kelas Anak Indonesia, maka FKK Sibolga Tapteng secara langsung berkontribusi dalam membesut karya ini dengan sutradara, Irfan Arhamsyah Sihotang yang merupakan Ketua Bidang Pembinaan dan Pelatihan di Forum Komunitas Kreatif Sibolga Tapteng mengarahkan penataan gambar dan penulisan naskah kemudian turut melatih para pemeran untuk dapat tampil prima serta ditambah pula sentuhan apik dari Make Up oleh Angel Nesly selaku pelatih bakat di Runduk Artstudio.

Suka cita dan tantangan tentu dihadapi namun dengan kekompakan maka seluruhnya bisa berpadu satu dalam mewujudkan karya nyata. Samsul Pasaribu (Nauli TV) turut menuliskan skrip dan menjadi fasilitator, Wahyu Safi’i (Selaras) dengan cinematografinya, Annisa Hamid (Kelas Anak Indonesia) dan Dea Kemala Sari menjadi talent yang mencuri perhatian, serta penampilan luar biasa dari Hadi Sitanggang (Polisi) dan seluruh Tim Polres Sibolga.


Film ini semula diputar di ruang internal Polres Sibolga, namun setelah melihat hasilnya yang cukup memuaskan, maka Kapolres Sibolga, Taryono Raharja mengapresiasi penuh karya ini dan memberikan arahan agar karya ini ditampilkan dalam kemasan nonton bersama di sesi acara HUT Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023. Dalam hari peringatan ini, panggung diberikan kepada FKK Sibolga Tapteng menyampaikan sepatah kata sebelum nonton bersama. Hal ini merupakan pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga kepada seluruh tim dan kru.

Irfan Arhamsyah Sihotang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu proses pembuatan karya ini dan menyatakan bahwa kehadiran karya sederhana ini adalah representasi kecil dari banyaknya potensi anak muda Kota Sibolga dalam kemampuan berkarya namun butuh ruang dan dukungan maka dengan adanya momen apresiasi ini akan memotivasi bagi para anak muda untuk berkarya demi citra kreatif kota tercinta.


Silakan tonton filmnya di tautan ini Legasi Presisi.


(IAS)


17 views0 comments
bottom of page