top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

LOMBA MUSIKALISASI PUISI: KHAZANAH PEMBELAJARAN PADUAN KARYA SASTRA DAN SENI MUSIK

Updated: Oct 27, 2023

30 September 2023


Perlombaan yang baru pertama kali ini dilakukan di Sibolga Tapteng menjadi sebuah perhatian baru. Lomba Musikalisasi Puisi merupakan sebuah kompetisi untuk seni garapan dengan mengolaborasikan karya puisi dengan iringan musik. Seni ini melibatkan unsur seperti lagu, rima, irama, dan ekspresi tanpa mengubah teks puisi, sehingga menjelma menjadi satu komposisi karya indah. Penyelenggaraan lomba ini merupakan bagian dari Festival Kreasi Sastra Sibolga berkolaborasi dengan Sibolga Creative Expo 2023, dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta terhadap puisi dan sastra, serta dapat mengakselerasi kemampuan musikalisasi peserta.


Untuk mempertajam syair puisi yang diciptakan oleh peserta, lomba ini bertemakan “Nilai Kelokalan Pesisir Sibolga-Tapteng”. Salah satu tantangan yang harus dijawab oleh peserta adalah kreativitas menciptakan syair puisi dan aransemen musik yang semuanya harus karya asli, bukan jiplakan atau menggunakan musik yang telah diciptakan orang lain.

Walaupun di awal pengumuman lomba, jumlah peserta yang mendaftar masih minum, namun ternyata pada akhir jadwal penutupan, animo pendaftar dari sekolah SMP dan SMA sederajat menjadi meningkat. Total grup peserta sebanyak 13 orang. Jumlah ini cukup memenuhi harapan dalam penyelenggaraan lomba ini, mengingat kompleksitas dan durasi waktu yang tersedia.


Panitia juga memberikan kesempatan bagi grup peserta untuk mengikuti workshop musikalisasi puisi, sekedar untuk mematangkan karya, memberikan pemahaman yang tepat terkait bentuk musikalisasi puisi yang sebenarnya, dan saling memberikan masukan satu dengan yang lain. Kegiatan workshop ini dilakukan pada 22-23 September 2023 di RRI dan sekretariat FKK Sibolga Tapteng, dengan narasumber langsung oleh penanggung jawab acaranya, yaitu Irfan Arhamsyah Sihotang.


Sabtu (30/09), perlombaan dimulai sejak pagi 10.00 WIB sampai 18.00 WIB di ruang pertemua lantai 2 gedung Terminal Penumpang Pelindo Sibolga. 13 group yang mengikuti perlombaan berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga, SMA Negeri 2 Sibolga, SMK Negeri 1 Sibolga, SMA Katolik Sibolga, SMA HKBP Sibolga, SMA dan SMP Tri Ratna, SMP Negeri 1 Sibolga, SMP Negeri 1 Pandan, SMP Negeri 2 Pandan Nauli, dan SMP Al-Muslimin Pandan. Total personil kurang lebih sebanyak 75 orang, belum termasuk guru pembimbingnya.

Perlombaan berlangsung sangat menarik. Setiap grup peserta memberikan penampilan yang sangat mengagumkan, termasuk kekompakan busana, aransemen dan alat musik yang dimainkan, serta penguasaan panggung. Namun pada akhirnya, Elvi Sarinah dan Ester Tampubolon sebagai dewan juri harus memutuskan siapa yang terbaik. Dengan penilaian yang komprehensif, diumumkan bahwa Dalmar Pasisi Group dari SMP Al-Muslimin Pandan sebagai juara pertama, Spensa Panda dari SMP Negeri 1 Pandan sebagai juara kedua, dan Smandusi Grup dari SMA Negeri 2 Sibolga sebagai juara ketiga. Seremoni pemberian hadiah akan dilaksanakan pada acara puncak, berupa Launching Buku Cerita Bergambar - Cerita Rakyat Sibolga Tapteng pada 28 Oktober 2023.


Perlombaan ini diharapkan dapat memicu dan mendorong kreativitas para pelajar secara konsisten, termasuk kesediaan para guru untuk membimbingnya. Selamat kepada para pemenang dan selamat kepada semua grup peserta yang telah menorehkan karya yang sangat luar biasa.


(ATR)


9 views0 comments

Comments


bottom of page