top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

PEMBUATAN DAN KONSEP PENGELOLAAN WEBSITE

31 Juli 2021


Dalam proses pembuatan website, terdapat beberapa tahap untuk merancang dan membuatnya. Proses perancangan website sama halnya seperti desain pada umumnya, yaitu akan melakukan pemetaan permasalahan dan fungsi, perumusan konsep, dan merancangan arsitektur website termasuk merumuskan User Interface (UI) dan User Experience (UX). Tidak hanya dilakukan oleh tim yang terbatas, pendapat dan masukan dari publik sangat dibutuhkan untuk membuat website yang menarik dan fungsional. Sehingga akan membutuhkan berbagai rapat-rapat bersama publik.

Pembuatan website akan dilakukan oleh tim yang bekerja sama dengan studio pembuatan website profesional. Website ini akan diuji coba dan dalam peluncurannya kepada publik akan dilakukan dalam sebuah Seminar Kebudayaan yang juga menampilkan berbagai bentuk atraksi kebudayaan.


Pengolaan website Pemetaan Sumber Daya Budaya Pesisir Sibolga dilakukan secara inklusif dengan manajemen tetap dilakukan oleh FKK Sibolga Tapteng. Konsep inklusif ini akan menjadikan konten di website ini berkembang dan terjamin reliabilitasnya. Terdapat 5 komponen pengguna yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:


A. Pengelola Website: Administrator, yang berperan untuk merawat dan memelihara website agar terus terjaga kualitas dan konten yang disampaikan, termasuk membenahi dan menyempurnakan website ke depannya.


B. Pembaca Website: Publik, yang mengakses website secara umum untuk membaca dan menyaksikan berbagai informasi yang ada di dalamnya.


C. Partisipan Website, yang bersifat sukarela dan terdiri dari 3 tingkatan sesuai dengan minat, kesanggupan, dan keahlian, yaitu:

  1. Kurator, yang berperan untuk meneliti, menelaah lebih dalam, serta memutuskan sebuah sumber daya budaya sesuai dengan atributnya. Kurator diisi para ahli sejarah dan budaya, serta yang telah berkecimpung dalam terhadap budaya Pesisir Sibolga. Peran kurator sangat penting untuk informasi-informasi terbaru tentang sumber daya budaya.

  2. Verifikator, yang berperan untuk memverifikasi secara langsung ke lapangan terhadap berbagai informasi sumber daya budaya terbaru yang diusulkan oleh kontributor, serta mendata dan melengkapi berbagai informasi terkait.

  3. Kontributor, yang berperan untuk mengusulkan dan menyumbangkan berbagai informasi sumber daya budaya yang berpotensi untuk dipetakan dan ditampilkan ke dalam website. Dengan banyak dan aktifnya para kontributor, maka sumber daya budaya Pesisir Sibolga akan semakin banyak dan lengkap.


(ATR)


26 views0 comments

Comments


bottom of page