top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

SERU, FESTIVAL MUSIK PELAJAR 2022 SUKSES DIGELAR!

19 Februari 2022


Festival Musik Pelajar Tingkat SMA dan SMK se-Sibolga-Tapanuli Tengah sukses digelar, Sabtu (19/02) di Gedung Terminal Penumpang PT. Pelindo Cabang Sibolga. Menjadi event pembuka dari rangkaian Pra-Acara Pagelaran Seni Budaya 2022 SABURSA: “Semarak Budaya Pesisir Sibolga” yang diselenggarakan oleh Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapanuli Tengah dan mengangkat tema tentang pelestarian sejarah, seni, dan budaya Pesisir Sibolga, sekaligus menyemarakkan HUT Kota Sibolga Ke-322.. Kontes musik bernuansa akustik ini menghadirkan penampilan yang memukau dari bakat-bakat pelajar.


“Ada 6 Sekolah yang mendaftar dan lulus verifikasi berkas yakni SMA Negeri 2 Sibolga, SMA Negeri 3 Sibolga, SMA Negeri 4 Sibolga, SMA Swasta Katolik Sibolga, SMA Swasta HKBP Sibolga dan SMK Muhammdiyah 11 Sibulan. Terdapat 7 Band dan 33 pemain yang berkompetisi”. Terang Owen selaku PIC/Korlap Festival Musik Pelajar 2022. Dalam perencanaannya, acaranya ini akan diselenggarakan pada 12 Februari 2022, namun karena kurangnya partisipasi pendaftar, maka diperpanjang menjadi 19 Februari 2022. Kondisi menunjukkan bahwa dunia seni musik di Sibolga Tapteng membutuhkan dorongan yang konsisten dan berkelanjutan agar minat dan partisipasi pemuda dan pelajar semakin giat.

Festival Musik Pelajar 2022 ini merupakan acara yang pertama kali di gelar di Kota Sibolga dengan secara spesifik merujuk pada Lagu Daerah sebagai tembang wajib pilihan yang harus dimainkan para peserta dengan kreasi aransemen yang tidak dibatasi eksplorasinya. Terdapat 3 (tiga) opsi lagu yaitu Accoting, Sicerek-sicerek dan Juada Pasisi.


“Lagu daerah merupakan isu utama kita di dalam menggagas ide acara ini. Sibolga-Tapanuli Tengah memiliki banyak lagu daerah yang saat ini semakin jarang terdengar apalagi dinyanyikan para generasi muda. Dengan adanya kompetisi ini, kita berharap para pelajar semakin akrab dengan karya-karya musik daerah, semakin cinta dan akhirnya nanti dapat melestarikan lagu-lagu tersebut bahkan membuat kreasi baru untuk menambah kekayaannya” Kata Friska Devi Yanti Halawa dalam sambutan Ketua Panitia. Hal ini sesuai dengan tujuan penyelenggaraan acara yang tertulis dalam panduan ketentuan dan syarat, yaitu:

  • Mengenalkan acara Pagelaran Seni Budaya 2022 - Sabursa beserta segala kegiatan yang ada di dalamnya.

  • Menyebar-luaskan karya seni dari Pesisir Sibolga berupa musik yang mudah diapresiasi publik.

  • Menjadi wadah dan meningkatkan keterampilan seni musik terhadap pelajar.

Festival Musik Pelajar 2022, dibuka secara resmi oleh Hotma Saritua Tarihoran, S. Pd, MM mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sibolga – Sumatera Utara. Dalam sambutannya, berpesan kepada seluruh peserta pelajar untuk menampilkan performa terbaik, berlomba secara fair dan terus menggali potensi dan talenta musik sehingga kreatifitas terus terasah dalam diri para pelajar. Sebelumnya, Rino, mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga juga turut memberikan sambutannya selaku sponsor pendukung penyelenggara acara ini.

Festival Musik Pelajar 2022 memiliki format yang unik dan kreatif, tidak hanya tentang kompetisi bermain musik tetapi memperkuat sisi edukasi di dalamnya. Peserta yang usai tampil langsung dikomentari juri dan dimentori juga diatas panggung. Kemudian setelah seluruh peserta bermain, Panitia membuka Focus Group Discussion (FGD) bersama para pelajar uantuk membicarakan musik, seni dan harapan-harapan mereka. Hal ini merupakan bagian penting di dalam festival yang berfungsi sebagai ruang berbagi dan apresiasi dini atas ide dan gagasan para musisi muda di bangku sekolah. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan penampilan dari siswa Sekolah Luar Biasa, SD LB N 087706.


Acara berlangsung seru dan santai, setiap band tampil dengan percaya diri dan membawakan musik yang berkualitas. SMA Negeri 2 akhirnya menjadi kampiun pertama, disusul SMA Negeri 3 dan SMA Swasta HKBP. Pemenang berhak mendapatkan hadiah serta akan menjadi pengisi acara malam puncak Pagelaran Seni Budaya 2022-Sabursa: ‘Semarak Budaya Pesisir Sibolga’ pada 27 Maret 2022 mendatang.


Festival Musik Pelajar 2022 terpantau aman, tertib dan lancar sejak dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga usai pukul 18.00 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menyesuaikan dengan aplikasi Peduli Lindungi. Turut berhadir dan menyaksikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga, Bank SUMUT dan Insan Seniman Sibolga-Tapanuli Tengah. Acara ini didukung oleh Bank Indonesia KPw Sibolga, Warung Etek Bungsu, dan PT Pelindo Cabang Sibolga.


(IAS)




158 views0 comments
bottom of page