top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

SAPA SALAM - INDAHNYA PESONA INDONESIA​

Updated: May 31, 2021

28 Mei 2021


Seni Berbalas Pantun merupakan salah satu seni yang ada di hampir setiap kebudayaan di nusantara. Seni yang lebih dikenal di rumpun budaya Melayu ini, selalu unik untuk didengarkan karena pendengar harus dibuat penasaran akan makna dan maksud pembicara dengan dua baris sampiran sebelum sampai ke dua bari isi. Tidak hanya harus kreatif menyusun sampiran, syarat konsisten terhadap rima dan batasan suku kata menjadi penting untuk membentuk sebuah pantun yang menarik. Berbalas pantun merupakan pengembangan seni ini untuk saling berkomunikasi.


Tahun 2021 ini, PT. Balai Pustaka dan Kementerian BUMN menyelenggarakan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional dengan total hadiah yang sangat fantantis. Hasilnya, terdapat 1.065 peserta yang menciptakan kreasinya berupa video dengan durasi maksimal 5 menit, dan FKK Sibolga Tapteng menjadi salah satunya. Konsep adegan berbalas pantun merupakan drama berskenario perjalanan waktu pemimpin sibolga masa lampau, bertemu dengan remaja masa kini dan mereka saling balas pantun tentang pesona alam dan budaya, dengan judul Sapa Salam - Indahnya Pesona Indonesia. Uniknya, sampiran dan isi pantun diselaraskan dengan khazanah budaya nasional dan memperkenalkan budaya pesisir Sibolga dalam lakonnya.


"sampiran dan isi pantun diselaraskan dengan khazanah budaya nasional dan memperkenalkan budaya pesisir Sibolga dalam lakonnya"

Pengumuman 10 besar dari kategori millenial BUMN dan umum terlah diumumkan pada 25 Mei 2021, dan FKK Sibolga Tapteng belum berhasil masuk di dalamnya. Tetapi keseruan proses kreatif untuk menciptakan karya seni tetap menjadi motivasi para talenta FKK Sibolga Tapteng. Dan bahkan, sudah terbayang bentuk-bentuk karya lainnya yang menggunakan seni berbalas pantun. Saksikan persembahan dari kami, dukung, dan jangan lupa subscribe juga channel kami.

Terima kasih kepada semua tim yang terlibat dan pihak-pihak yang mendukung terciptanya karya ini.


(ATR)


19 views0 comments

Comments


bottom of page