top of page
  • Writer's pictureFKK Sibolga-Tapteng

FESTIVAL KREASI SASTRA SIBOLGA BERHASIL DILAKSANAKAN DAN DIIKUTI TOTAL 173 PESERTA

Updated: Nov 6, 2023

30 September 2023


Kompetisi berbasis sastra dan literasi digelar judul Festival Kreasi Sastra Sibolga dengan berkolaborasi dengan Sibolga Creative Expo 2023 oleh Forum Komunitas Kreatif Sibolga Tapteng. Acara ini merupakan tahap ketiga dari penyaluran program Fasilitasi Komunitas Sastra: Penyusunan Buku Cerita Bergambar - Cerita Rakyat Sibolga Tapteng yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa.


Kegiatan ini diselenggarakan di gedung Terminal Penumpang Pelindo Sibolga pada Sabtu (30/09), yaitu sehari setelah diselenggarakannya Lokakarya Cerita Rakyat Sibolga Tapteng (29/09) di gedung yang sama. Terdapat tiga perlombaan, yaitu Lomba Tulis Cerpen, Lomba Menggambar, dan Lomba Musikalisasi Puisi dengan keterlibatan pesertanya dari pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, hingga umum di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Total peserta yang terlibat dalam perlombaan ini sebanyak 173 peserta.

Ketua panitia pelaksana, Priska E. Deviyanti Halawa menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini selain untuk menjadi bagian penting dalam menciptakan ekosistem kesastraan yang berkesinambungan dan sekaligus memeriahkan Festival Kreasi Sastra Sibolga yang sejalan dengan produksi Buku Cerita Bergambar - Cerita Rakyat Sibolga Tapteng.


“Seluruh peserta adalah dari kalangan pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA, termasuk umum yang disesuaikan dengan format lomba. Kita berharap kompetisi ini dapat menciptakan semangat sastra dan literasi generasi muda dan menjadi wadah berkreasi serta panggung penampilan bagi mereka”, ungkapnya.


Lomba Tulis Cerpen dengan tema “Menulis Karya Mengangkat Kearifan Lokal Sibolga Tapteng”. Diikuti oleh 58 orang pendaftar yang tersebar dari berbagai sekolah dan peserta umum. Seluruh cerpen peserta dinilai dalam 2 (dua) tahap yaitu tahap seleksi awal dan tahap akhir wawancara. Usai seleksi awal, terpilih 10 Peserta yang masuk ke dalam final dan melakukan wawancara dihadapan dewan juri yaitu Dicky Lubis dan Aisha Basar.


Dengan penilaian yang komprehensif, pemenang Lomba Tulis Cerpen adalah Khumairah Hidayanti Putri Pasaribu sebagai juara pertama. Edriani Preitie sebagai juara kedua dan Safa Herliana Lutfi sebagai juara ketiga.


Lomba Menggambar dilaksanakan di lantai rooftop gedung terminal dengan suasana yang sangat seru. Diikuti oleh 40 peserta yang mewakili seluruh SD di Kota Sibolga dan Kab. Tapanuli Tengah, dan hasil karya peserta dinilai oleh dewan juri, yaitu Naufal dan Rinto. Pada dasarnya perlombaan ini diutamakan untuk memberikan ruang ekspresi bagi anak melalui gambar dan warna, terlepas dari bentuknya yang berupa perlombaan.


Hasilnya pemenang Lomba Menggambar ini adalah Nur Zhafirah Khairina sebagai juara pertama, Casandra Olivia Nainggolan sebagai juara kedua, dan Kayla Chosyia Subrata sebagai juara ketiga, serta Irene Teo Sanna Ambarita sebagai juara favorit berdasarkan hasil pilihan pengunjung.


Lomba Musikalisasi Puisi dilaksanakan dengan tema “Nilai Kelokalan Pesisir Sibolga-Tapteng” dan dipilih untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta terhadap puisi dan sastra, serta dapat mengakselerasi kemampuan musikalisasi peserta. Dengan melibatkan dua dewan juri, Elvi Sarinah dan Ester Tampubolon, dari total jumlah peserta sebanyak 13 grup, ditemukanlah tiga grup terbaik, yaitu Dalmar Pasisi Group dari SMP Al-Muslimin Pandan sebagai juara pertama, Spensa Panda dari SMP Negeri 1 Pandan sebagai juara kedua dan Smandusi Grup dari SMA Negeri 2 Sibolga sebagai juara ketiga.


Seluruh lomba dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Selain menikmati keseruan dalam perlombaan, peserta dan pengunjung juga menikmati suasana ruang di gedung Terminal Penumpang Pelindo Sibolga. Rangkaian acara ini akan ditutup pada tanggal 28 Oktober 2023 dalam acara Launching Buku Cerita Bergambar - Cerita Rakyat Sibolga sekaligus menyerahkan seluruh hadiah kepada para pemenang.

(ATR)


109 views0 comments

Comments


bottom of page